Friday, July 23, 2010

Makasih Ya Allah, aku lahir sebagai anak kampung

Kemarin  hari anak nasional…SELAMAT HARI ANAK, ADEK2KU ^_^

Pikiran saya pun melayang ke masa dimana tidak ada beban pikiran… Masa dimana saya hanya tau kata “main” hehehhe

Saya lahir di Padang Panjang, sebuah kota kecil yang diapit oleh dua gunung (Merapi dan Singgalang).  Tapi saya tinggal bukan di kota itu, saya tinggal di sebuah kampung dekat kota itu. Kampung Tabek-Jambak,  itulah namanya. Saya menghabiskan masa kanak2 (lahir –tamat SD) disana, sebelum kemudian harus merantau ke Lampung karena ikut orang tua.
Ya, saya memang anak kampung. Tapi saya bangga dan bersyukur pada Allah SWT karena hal itu. Banyak pengalaman luar biasa yang saya dapatkan, yang mungkin tidak dapat dirasakan oleh anak2 jaman sekarang apalagi yang tinggal di kota.

Pengalaman yang masih terpatri di memory saya adalah tentunya soal maen….berikut ini permainan favorit saya:

Maen petak umpet..Kami dituntut untuk kreatif mencari tempat sembunyi. Di belakang rumah, di semak-semak, di atas pohon ampe saya pernah sembunyi di deket kuburan…. hehehheh….yaaa masa itu, jelas tidak ada rasa takut atau was-was terhadap apapun.

Berenang!!!! Wuiih i love it. Saya berenang di kolam alami yang dekat dengan pincuran (pemandian umum) dikampung saya. Awalnya mama melarang saya berenang, tapi dengan sembunyi2 saya belajar renang dari kakak di kampung saya. Akhirnya ketauan juga sih ama mama, tapi melihat saya udah bisa berenang akhirnya larangan dia tidak berlaku lagi heheheh. Yang paling seru dari berenang di kolam alami adalah, karena ada ikan kecil dan batu alamnya. Jadi kami sering maen cari batu yang telah di ikat karet yang disembunyikan oleh teman. Gara2 permainan ini, saya jadi ahli dalam menyelam. Sampai sekarang kalo berenang, saya suka berenang sampai kedasar kolam. Selain itu, kami juga suka melompat dari tempat tinggi ke kolam. Padahal di pinggir kolam ada batu alam yang gede. Dasar anak kecil, kami ga kepikiran kalo bisa saja kami meleset lompatnya dan mendarat di batu itu….

Maen lompat tali.  Permainan ini jelas bikin sehat. Lompat2, berusaha siapa yang paling lama bertahan dan siapa yang paling tinggi lompatannya. Ga ada tuh dalam pikiran kalo kita bisa aja patah kaki :p

Maen layangan.  Yang paling seru dari permainan ini adalah mengejar layangan yang putus heheheheh. Kita berlomba siapa yang paling dulu menemukan layangan  itu karena otomatis jadi hak milik. Saking seriusnya saya mengejar layangan, saya pernah tabrakan dengan seekor lebah yang artinya berarti saya kesengat lebah….bukan layangan yang  saya dapat, tapi badan panas dingin yang saya nikmati. Namun cukup dengan olesan minyak entah apa itu namanya dari mama, langsung sembuh…luar biasa….

Maen susun batu (saya lupa namanya T_T).  Tumpukan batu di lempar dengan bola tenis, tim yang berhasil meruntuhkan tumpukan itu, harus berusaha menyusun kembali. Tantangannya adalah, tim lawan akan melempari kita dengan bola tenis. Dan kalo maen sama anak cowok, yaahh siap2 aja kena lemparan keras…huhuuhuu….sakit

Manjat pohon….hehhehhe… Saya ama temen2 suka banget deh manjat pohon, terutama pohon yang ada buahnya. Ngobrol bareng sahabat sambil menikmati buah yang dipetik langsung dari pohonnya….nikmaaat >_<

Maen cari jejak….yaa yang namanya kampung, pasti dikelilingi kebun. Inilah yang membuat seru permainan ini. jadi salah satu tim akan memberi tanda dari kapur tulis ke berbagai tempat. Tim yang lain akan berusaha menemukan tanda tersebut sampai finish…..seru banget. Jadi anak pramuka, kreasi sendiri. Keluar masuk parak (kebun dalam bahasa padang), ga takut bakal ketemu ular, babi, ulat dan binatang lain. Yang ada dalam pikiran kami hanyalah bagaimana secepat mungkin sampai finish.

Yups, itulah beberapa permainan tradisional yang dulu suka saya maenkan. Banyak permainan lain yang saya lakukan, tapi terlalu panjang kalo saya ceritakan dan saya pun lupa namanya ehehheh….

Saya dulu tak kenal dengan nitendo, PSP atau apalah namanya. Bahkan sekarang pun saya belum pernah maen PSP tuh…xixiixix…. paling hanya maen gamehouse di komputer …

Tapi saya bersyukur lahir dan menghabiskan masa kanak2 di kampung…saya bangga….bisa menikmati keindahan alam sambil berpetualang dengan permaianan yang menumbuhkan kreatifitas, kepemimpinan, tenggang rasa dan tentunya sehaat.
Ahh sungguh saya bersyukur bisa menikmati itu semua. S.E.R.U.!!!!

Sahabat blogger.....bagaimana dengan masa kanak2 kalian? apakah sama permainannya? ataukah ada permainan lain???

17 comments:

  1. Meski mbak Ella menyebut diri sebagai anak kampung nyatanya lebih kota dari saya.
    hehehe..

    mbak..blognya kerennnn banget

    ReplyDelete
  2. Salam kenal mb.Ella, linknya sdh sy pasang. Blognya bagus, kenapa hijrah dr blog yg sebelumnya? Sy juga punya 2 blog, lama2 cape jg ngurus 2 blog. Yg lama bisa di non aktifkan gak ya :)

    ReplyDelete
  3. halo salam kenal..
    kunjungan perdana, ehehe..
    seru seru ya mainannya..

    ReplyDelete
  4. tapi kan sukses dikota... :)

    ReplyDelete
  5. wahh masa kecil yang bahagia,,heheh
    samaaa aku juga anak kampung,,dan permainan yang aku suka yaitu main susun batu sama lempar bola..hihihi ^^

    ReplyDelete
  6. Pengalaman saya nggak jauh beda, cuma saya nggak bisa renang, kalau renang di sungai pakai pohon pisang makanya nggak bisa renang
    petrnah naik kerbau, cari ikan di sungai dll
    mungkin anak saya berbeda dengan saya

    ReplyDelete
  7. Pengalaman di kampung halalman dan jati diri sebagai anak dari kampung adalah merupakan 'jangkar' utama saat sang empunya diri mengarungi kehidupan di samudra globalisasi dunia yang banyak menghasilkan 'kacang lupa kulit'

    Semoga ini semua bisa menjadikan kita sebagai individu yang mengakar baik terhadap budaya, kampung halaman asal dan tetap melestarikannya.. salam hangat dari afrika barat!

    ReplyDelete
  8. pengen banget punya kampung halaman :( tapi lahir dan besar di kota hikz
    permainan masa kecil kek uni gitu : lompat tanah,congklak,biak ma bola bekel,maen rumah2an,boneka hihihi cewek banget yaaahh :D
    uniii aku follow lagi yah..link lama aku edit

    ReplyDelete
  9. Mbak Ella...update..ayo update..hahahah

    ReplyDelete
  10. datang mengunjungi saudara perguruan di dunia persilatan.... hehehehe

    ReplyDelete
  11. sungguh masa kecil yang sangat bahagia mbak :)

    ReplyDelete
  12. udah nggak sempat ngeblog lagi ya? :D

    ReplyDelete
  13. Sama mba' saya juga anak kampung, ....

    ReplyDelete
  14. seru mbak..
    anak kampung tapi 'ga kampungan kan mbak..
    hehehe..
    nice blog.. salam kenal.. :)

    ReplyDelete
  15. aduh jadi membuka kenangan tulisanya abis baca langsung senyum2 sendiri ... oya mampir k : tertatihpertama.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. yayayayaaaaaa
    mampir ko ga da kopinya ya????
    :'(

    ReplyDelete
  17. asik emang jadi anak kampung ....damai tenang,senang riang,,,aku suka lho rumah yang di foto tsb....

    ReplyDelete